#

3.07.2010

Ye Wen ( Ip Man)

Pemain : Donnie Yen, Simon Yam, Lam Ka-Tung, Hiroyuki Ikeuchi, Xing Yu, Fan Siu-Wong, Lynn Hung, Wong You-Nam

Ternyata IP Man bacanya bukan : (ai-pi-men), tapi bacanya (yip-men).
Ip Man mulai mempelajari Wing Chun atau salah satu cabang ilmu bela diri kung fu sejak ia berusia tiga belas tahun. Kecintaannya pada ilmu bela diri ini membuatnya rela berkorban banyak demi mengembangkan ilmu bela diri ini. Setelah lama mempelajari Wing Chun, Ip Man memutuskan untuk membuka perguruan sendiri.

Pemain Film yang terkenal seperti Bruce Lee termasuk salah satu murid dari Master Wing Chun. dan Bruce Lee berguru selama lilma tahun

Film IP MAN ini diadaptasi dari kisah nyata kehidupan sang master Wing Chun ini (Ye Wen). Sang sutradara, Wilson Yip, memutuskan untuk lebih memfokuskan film ini pada penjajahan Jepang di China sekitar tahun 30-an dan menyoroti bagaimana Ip Man yang sangat mencintai negerinya menolak mengajarkan Wing Chun pada tentara Jepang saat itu.

Film ini juga memiliki nilai lebih karena menggambarkan seni bela diri Wing Chun dengan sangat realistis. Beberapa prinsip dasar bela diri ini tetap dipegang kuat pada setiap koreografi tarung sehingga film ini terlihat realistis namun di saat yang sama juga terlihat 'beda' dari kebanyakan film Kung Fu Hong Kong. Dan di sini film ini jadi pionir lantaran berani menyajikan pertarungan jarak dekat yang biasanya dihindari film silat karena dianggap kurang menarik ditampilkan pada layar lebar.

Ye Wen, Seseorang yang hidup pada masanya di daratan cina. Kehidupannya cukup mapan berjualan bunga bersama Istri yang cantik dan seorang putra. Kemampuan Beladirinya dibilang sangat tinggi, dia menjadi orang terhebat di kota Bela diri Foo San, tetapi malah cenderung menutup-nutupinya.

Terjadilah agresi militer tentara Jepang dan menyebabkan ekonomi dan situasi Cina tidak menentu, Keluarga Ye Wen jatuh miskin, Rumahnya disita dan dijadikan markas jepang. Setiap hari hanya mengandalkan harta benda yang tersisa sampai akhirnya memaksa dia menjadi seorang pekerja kasar buruh Batu bara tentara Jepang.

Dalam pekerjaanya sebagai pekerja kasar, Ye Wen masih disegani oleh orang-orang yang mengenalnya. Secara tidak sengaja bertemu dengan adik iparnya. Sampai akhirnya tentara Jepang memberikan sebuah tawaran tanding bela diri melawan mereka dengan imbalan sekantong beras jika mampu memenangkan pertandingan tersebut.

Ye Wen tidak menggubris tawaran itu. Justru adik iparnya sangat antusias ingin mengikuti pertandingan tersebut. Keesokkan harinya Master Yip tidak melihat lagi temannya itu. Dia penasaran, apa yang terjadi gerangan pada adik iparnya.

Akhirnya Master Yip ikut dalam pertandingan bela diri tersebut untuk mencari tahu ada apa yang sebenarnya terjadi disana. Dalam sebuah pertandingan, saudara perguruannya di Foo San melawan 3 orang dan menyerah, tapi akhirnya mati tertembak di kepalanya oleh bawahan Kapten Miura (pimpinan Jepang).

Karena saking kesalnya, tidak terima bangsanya di perlakukan tidak adil, master yip menantang dengan langsung melawan 10 orang dan berhasil mengalahkannya dengan mudah. Hal itu memancing pimpiannya (Miura) menantang untuk bertarung. Tapi Master Yip tidak meladeni keinginannya tersebut.
berikut adegan Pertarungan melawan 10 orang yang sangat menegangkan, tapi belum klimaks.



Berbagai macam cara dilakukan tetara jepang untuk mengajak tanding, tapi tidak berhasil. Sampai akhirnya dia secara paksa dibawa ke markasnya untuk melakukan pertandingan dengan sang pemimpin.
Dan di bagian pertarungan antara Kapten Miura dan Master Yip adalah klimaks dari keseluruhan film ini.

2 komentar:

Budi mengatakan...

Sudah ada Ip Man 2 mas, yang menurut saya ceritanya lebih seru, tapi Ip Man 1 bagus juga kok. Sekarang juga sudah keluar Ip Man: The Legend is Born, yang mengisahkan kehidupan masa muda Ip Man.

Wisnu mengatakan...

iya, tp saya juga udah liat yg kedua.
emang keren semuanya.